Pola Pikir Wirausaha

Sistematik, terstruktur, berurut, sebuah perspektif pola pemikiran. Seperti seorang perfeksionis yang harus menempatkan sesuatu pada tempat nya sesuai urutan dan tatanan nya. Jika anda mempunyai kecenderungan berfikir dengan cara tersebut, berbanggalah karena tidak semua orang mampu menerima nya. Sulit di cermati bukan. Lalu apa hubungan nya dengan kewirausahaan? Saya akan coba menjelaskan pola pikir wirausaha dengan Bahasa dan tulisan saya di bawah ini.

seperti apa pola pikir wirausaha

seperti apakah pola pikir wirausaha itu?

Pada dasarnya kita hidup di ajarkan untuk mengerjakan segala hal dengan berurutan. Dari kecil hingga kita besar, dewasa dll. Apa gunanya? Supaya kita dapat mengambil keputusan dengan tepat. Pada dasar nya hidup adalah pengambilan pengambilan keputusan. Untuk apa? Untuk yang lebih baik, baik buat kita sendiri, orang lain, sekitar dll. Kenapa sistematik, terstrukstur, dan berurut? Karena ternyata seorang wirausaha itu bertindak seperti itu. Contoh sederhana : seorang pemilik toko akan membuka dan menutup toko nya dengan konsisten buka jam 07.00 tutup jam 22.00 misalnya, atau ketika setiap beribadah shalat jumat tutup. Sebuah toko yang telah berjalan lebih dari 3 tahun akan selalu melakukan rutinitas seperti itu. Untuk siapa? Banyak faktor awal mulanya entah itu kebiasaan diri sendiri atau mengejar konsumen. Dan semuanya akan ikut mengikuti sesuai kebiasaan “mereka mengikuti kita” atau “kita mengikuti mereka” (kita=wirausaha, mereka=konsumen). Contoh konsumen tidak akan berbelanja ke sebuah toko yang rutin tutup di saat ibadah sholat jumat, atau seorang tukang sayur keliling akan datang ke pasar setiap hari dari jam 11 malam karena di jam tersebut akan datang distributor sayuran dari berbagai daerah.

Seorang wirausaha akan selalu disiplin dengan waktu dan rutinitas nya, ngga boleh dan ngga mau di ganggu. Saya menamai nya “rantai usaha” atau “urutan usaha” urutan ini harus di jalankan berurutan dan harus sesuai karena akan berpengaruh pada kegiatan selanjutnya. Anda sebagai seorang karyawan baru akan selalu di ajarkan SOP “Standar Operational Prosedur” untuk pertama kali nya. Anda akan selalu di minta untuk menjalankan sesuai system yang ada. Untuk itu pemahaman akan system akan sangat penting karena akan menjalankan nya, sebagai seorang karyawan maupun wirausaha.

Jika seseorang terbiasa dengan system makan dia akan otomatis disiplin, dia akan menjalankan dengan beruturan, dia akan mempunyai manajemen waktu yang baik. Makanya jika anda seorang karyawan yang bercita-cita menjadi seorang wirausaha pahami dulu system yang anda jalani di tempat kerja, kerjakan dengan sesuai. Karena nanti nya akan anda gunakan untuk usaha anda sendiri. Pahami, pahami, jalankan, rutinkan. dalam tulisan saya sebelumnya anda akan dibantu membuat skema mengurutkan pola pikir wirausaha ini.

Contoh anda mengetahui dengan persis tukang bakso yang akan lewat depan rumah anda jam berapa.

Mulailah dari sekarang!

 

Tinggalkan Balasan