Mind Mapping

Sesuai tulisan saya sebelum nya link , saya akan membahas mengenai apa itu Mind Mapping (Pemetaan), ini penting untuk seorang yang akan memulai berusaha. pemetaan ini bertujuan untuk menentukan posisi dan langkah awal kita memulai sebuah usaha. Mind Mapping itu sendiri lebih jauh juga saya gunakan untuk pengambilan keputusan.

Apa itu Mind mapping?  link wikipedia 

Dalam bahasa yang saya pahami Mind Mapping ini adalah upaya kita untuk mencari tau hal hal apa saja yang bersinggungan dan berhubungan dengan topik yang akan kita cari tahu. saya lebih mudah melakukan mind mapping ini dengan bantuan pertanyaan 5W1H (what, who, where, when, why, how). 

Nah, ketika kita sudah berkhayal, bermimpi saatnya mewujud kan nya. jika ide nya sudah muncul kembangkanlah dengan mind mapping agar kabut2 yang belum / tidak pernah kita ketahui dapat terjawab oleh pertanyaan dalam metode pertanyaan 5W1H.

Contoh: saya ingin berjualan ayam bakar

maka saya akan mencari jawaban dari bahan utama nya

  • Apa yang akan saya Beli – ayam (utuh/potong)
  • dimana saya membeli ayam – pasar, supermarket, tempat pemotongan dll
  • kapan saya akan membeli ayam – pagi, siang, sore, malam
  • siapa yang jual ayam – pedagang A,B,C / merk A,B,C
  • kenapa saya beli ayam utuh/potong – agar bisa melayani pembeli dengan permintaan khusus (separo) dll
  • bagaimana saya beli ayam – beli sendiri, nyuruh orang, belanja online

metode mind mapping dengan pertanyaan di atas dapat digunakan untuk apapun bahkan untuk mencari karyawan dan pengambilan keputusan penting lain nya. maka ketika kita sudah berani mengembangkan ide gunakan lah metode tersebut sebagai awalan. jika kita sendiri tidak mampu menjawab pertanyaan dalam metode 5W1H maka jangan sungkan lah untuk membaginya dengan teman dan saudara sekalian. siapa tau mereka mempunyai link lebih besar, luas, dan baik dalam menjawab berbagai pertanyaan metode mind mapping kita. 

sangat penting menjaga silaturahmi

dodikurniawan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *